Mudik lebaran 2022, dan tips Mudik aman dan nyaman

 

Mudiklebaran2022

Kabarmudik_Pemerintah telah resmi mengumumkan bahwa masyarakat akan melakukan mudik lebaran pada tahun 2022. hal ini tentu menjadi angin segar mengingat pemerintah melarang mudik lebaran 2 tahun terakhir. Dengan di longgarankannya aturan mudik tahun ini oleh pemerintah, masyarakat sangat antusias untuk mudik ke kampung halaman masing-masing. Namun pemerintah tetap menghimbau agar menjaga protokol kesehatan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menganjurkan agar masyarakat untuk melakukan mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan saat periode Lebaran 2022. Menhub juga memperkirakan Pelabuhan Kalianget akan menjadi salah satu pelabuhan di Jawa Timur yang diprediksi mengalami lonjakan penumpang kapal laut di masa mudik lebaran. Hal ini juga di prediksikan di pelabuhan di luar Jawa, seperti di Sulsel, Samarinda, Banjarmasi, lampung dan Batam.

Karena tingginya antusias masyarakat, Menhub mengatakan telah melakukan upaya-upaya antisipasi secara cermat dan hati-hati, dalam rangka mewujudkan mudik yang aman dan sehat. Untuk menangani lonjakan penumpang pada arus mudik maupu  arus balik, PT Pelni telah menyediakan armada kapalnya sebanyak 1.186 unit. 

Mudik lebaran ke kampung halaman dan berkumpul di hari yang istimewa adalah hal yang paling di tunggu-tunggu bagi setiap muslim, untuk merayakan idulfitri bersama sanak saudaranya masing-masing. Berikut tips agar kita mudik aman dan nyaman

1. Pastikan pintu rumah terkunci

Musim mudik merupakan hal yang di tunggu-tunggu pastinya, tapi ini juga mengundang  tindakan kriminal yang tinggi jika kita tidak menjaga barang yang kita tinggal, mengunci pintu rumah dengan benar bisa meredam tindakan kejahatan." Karena kejahatam bukan karna ada niat tapi karena ada kesempatan" kata bung Napi dalam slogan populernya.

2. Beri kabar tetangga kita yang tidak mudik

Dengan kita memberi kabar kepada tetangga dan meminta tolong untuk menjagakan rumah yang kita tinggal, ini akan memberikan tindakan keama an yang lebih. Dan jika terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan pada rumah kita. Tetangga kita bisa secepatnya memberu kabar. 

3. Matikan lampu, air dan cabut regulator gas sebelum mudik

Sebelum mudik terlebih dahulu tentu kita harus periksa barang-barang  kita tinggal, seperti mematikan lampu dan air, dan menyabut regulator gas. Hal ini penting karena banyaknya kasus kebakaran rumah  terjadi karena korsleting listrik, dan kebocoran gas. Cukup hidupkan lampu secukupnya saja. 

4. Periksa kendaraan kita sebelum mudik

Memeriksa kesehatan kendaraan kita adalah hal terpenting sebelum melakukan perjalanan jauh. Seperti mengganti oli, memeriksa mesin dan pengereman. Dengan memeriksa kendaraan kita, tentunya agar terhindar dari masalah saat kita melakukan perjalanan. 

5. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan

Jika kita memilih mudik menggunakan kendaraan umum, sebaiknya jangan membawa barang terlalu banyak, semua demi kenyaman dan kita tidak repot  saat melakukan perjalan. Jika ingin membawa oleh-oleh untum keluarga di kampung, sebaiknya secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan.

Demikian sedikit tips agar perjalanan mudik kita aman dan nyaman semoga bermanfaat. Dan kami mengucapkan selamat jalan dan semoga selamat sampai tujuan. 

Komentar

Postingan Populer