5 bahan pokok yang naik harga hingga saat ini, Ada apa dengan pemerintah?

bahan pokok

Info terkini_ Kebutuhan akan bahan pokok adalah kebutuhan wajib yang harus di Utamakan oleh setiap orang. tiap hari setiap orang butuh untuk makan, namun di masa pandemi saat ini memaksa terjadinya krisis ekonomi. banyaknya pabrik, kantor, rumah makan dll gulung tikar menjadikan banyak pengangguran. sehingga untuk memenuhi kebutuhan pokok harian terasa sangat berat.

selain itu selama tahun 2021 hingga saat ini, beberapa bahan pokok satu persatu mengalami kenaikan harga. walaupun tak begitu tinggi, namun karena berkurangnya pemasukan kenaikan tersebut sangat terasa begitu berat di rasakan oleh masyarakat.

Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan hingga saat ini di antaranya sebagai berikut

1. Ayam Potong

ayam potong

Di akhir tahun 2021, ayam potong mengalami kenaikan hingga 80%. dari harga 22rb/kg nya hingga puncak nya mencapai 38rb/kg. Dengan harga yang tinggi tersebut berdampak pada penjualan ayam karena daya beli masyarakat menjadi menurun.

selain menurunya daya beli masyarakat, kenaikan ini juga berdampak kepada pengusaha rumah makan yang bahan pokoknya utamanya ayam, mereka lebih banyak memilih bertahan dengan untung yang kecil dari pada menaikan harga penjualan. tapi bayak juga para pelaku pengusaha yang gulung tikar.

sempat mengalami penurunan, namun di kabarkan harga ayam potong mulai merangkak naik, hingga nanti menjelang lebaran tiba

2. Minyak Makan

minyak makan

Minyak makan juga mengalami kenaikan, dari harga normalnya 11rb/kgnya hingga mencapai harga tertinggi 21rb/kg, walaupun kini sudah mengalami penurunan. karena adanya wacana pemerintah untuk menghilangkan minyak curah dan di gantikan dengan minyak kemasan, minyak makan mengalami kelangkaan di lapangan. 

Banyak masyarakat berebut untuk mendapatkan minyak kemasan, seperti yang terjadi di market-market dan pusat belanjaan lainnya. Sehingga banyak oknum-oknum yang memanfaatkan keadaan ini, dengan menimbun dan mengoplos menjadi minyak palsu.

Seperti kejadian baru-baru ini, seorang pengusaha makanan yang tertipu akibat tergiur dengan harga minyak makan yang murah, ternyata minyak yang di belinya. adalah minyak oplosan dari campuran minyak bekas, air dan campuran pewarna.

 3. Kedelai

kedelai


Kenaikam harga juga di alami oleh kedelai, ini berimbas pada pengusaha tempe dan tahu. ini disebabkan oleh kurangnya pasokan kedelai di lapangan. Mereka terpaksa menaikan harga tempe dan tahu untuk bisa mempertahankan usahanya.

Selain itu meraka juga sempat melakukan protes dengan mogok produksi masal, berharap pemerintah bisa menstabilkan harga kedelai kembali

4. harga daging

daging


Di akhir februari ini harga daging mengalami kenaikan harga hingga 150rb/kgnya, ini sangat dirasakan bagi pelaku pengusaha seperti rumah makan, seperti halnya rumah makan padang. tapi mereka lebih memilih bertahan dengan harga yang sama.

Mereka lebih memilih mendapatkan untung yang tipis dari pada harus kehilangan pelanggan, tapi mereka juga akan mempertimbangkan jika harga daging terus naik mereka juga terpaksa akan menaikkan harga penjualanya juga.

5. Cabai

cabai


Cabai juga mengalami kenaikan harga, baik cabai merah yang kini mencapai harga 75rb/kg dan cabai rawit yang merangkak naik hingga kini mencapai  harga 50rb/kg.
semua ini disebabkan oleh kurangnya pasokan di lapangan. sehingga banyak masyarakat yang mengeluh akan kenaikan harga baham pokok ini.

Masyarakat berharap perintah agar cepat bertindak untuk menstabilkan harga bahan pokok ini semua. Apalagi ini menjelang puasa dan lebaran, masyarakat membutuhan akan harga pokok yang stabail.

Ada apa dengan Pemerintah

Banyak keluhan yang di sampaikan masyrakat kepada pemerintah, dari mogok dan protes masal, demo dll. Belum selesai yang satu, muncul yang lain dan seterusnya. hal ini terjadi berulang-ulang.

kenaikan harga ini terus-menerus merangkak satu persatu, dimulai dengan harga ayam sempai sekarang. Seperti menunggu bom waktu tinggal menunggu kapan saatnya semua akan rata mengalami kenaikan. jika perintah tidak cepat mengatasi ini, hal ini bisa terjadi krisis yang berkepanjangan.

Sebenarnya apa sih yang sudah di lakukan pemerintah? sebenarnya pemerintah sudah semaksimal mungkin mangatasi lonjakan harga tersebut, namun karena masa pendemik ini belum juga selesai. pemerintah masih terfokuskan agar masa pandemik ini beralih pada status endemik. 

Kita percayakan saja pada kebijakan yang di lakukakn pemerintah. mudah-mudah semua bisa berlalu, dan selalu mendoakan yang terbaik bagi bangsa ini. dan secepatnya kembali normal.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer